BELAJAR BAHASA INGGRIS
SEMUDAH BELAJAR BAHASA INDONESIA I Hubungi: 081316312042

Breaking News

Pengalaman Belajar Bahasa Inggris Secara Alami; Tak Ada Alasan Tidak Bisa Bahasa Inggris

Ketika masih tinggal di kampung halaman saya mengenal bahasa Inggris di Sekolah Menegah Pertama (SMP). Saya ingat betul materi pelajaran bahasa Inggris pertama yang saya terima adalah personal pronouns, yaitu pengunaan I You We They He She It. kursus bahasa inggris jakarta
Materi-materi bahasa Inggris yang saya ketahui hanya sebatas materi yang diberikan oleh sekolah. Diluar itu tidak ada, kecuali lagu barat yang saya numpang dengar di rumah Nenek. Lulus SMA saya mulai mengenal komik dua bahasa terbitan Harian Suara Karya berjudul Tarzan “Dunia Yang Hilang” yang saya pinjam dari tetangga. Sadar komik ini penting, saya gunting untuk dipelajari lebih lanjut.  Konsep dua bahasa ini sangat membantu saya memahami konstruksi kalimat asli dari native speaker. Dan ini berbeda dengan konstruksi kalimat yang saya pelajari di sekolah. Guntingan komik ini masih saya simpan sampai sekarang. cara belajar bahasa inggris
Berikutnya saya mulai mengenal majalah bulanan berbahasa Inggris “Hello”  terbitan Semarang yang saya beli di kota.  Konstruksi kalimat  di majalah ini  mudah dipahami karena ditulis oleh orang Indonesia. Lumayan untuk latihan, meskipun untuk membelinya saya harus pergi ke kota naik sepeda 18 km.
Begitu merantau ke Jakarta, wow…di pojok terminal Senen banyak sekali penjual majalah asli terbitan Amerika dan berbagai negara berbahasa Inggris. Banyak pilihan dan murah sekali. Maklum bekas…..he..he…he…ada majalah Times, Newsweek dan lain-lain. Ada lagi Harian The Jakarta Post dan Indonesian Observer. Maka pemahaman bacaan saya meningkat tajam. Meskipun masih terbatas pada tulisan jurnalistik yang bersifat formal sehingga mudah untuk diterjemahkan. Kamus Inggeris Indonesia bisa menolong untuk hal ini. Namun untuk tulisan seperti komik yang bersifat informal kamus tidak banyak membantu, ia merupakan bahasa pergaulan sehari-hari. Maka diperlukan konsep komik dua bahasa seperti Tarzan “Dunia Yang Hilang” tersebut diatas.
Beruntung Gramedia menerbitkan komik dua bahasa Waltz Disney “Mickey & Donald”  dari sini saya mempelajari konstruksi kalimat informal lebih lanjut, sambil bekerja sebagai pelayan restoran di Pasar Pagi Mangga Dua.
Di saat libur saya sering pergi ke museum Fatahilah. Disana banyak turis asing dan tour guide yang cas cis cus menjelaskan berbagai hal tentang museum. Saya suka ngintil rombongan seperti ini  sambil ngobrol dengan salah satu dari turis asing itu. Wah..asik juga ngobrol dengan orang bule… di tempat ini saya mulai lancar bicara langsung dengan orang bule.
Saya masih kesulitan memahami percakapan di film barat. Terlalu cepat dan sulit didikuti, solusinya saya membeli alat rekam yang sebenarnya sudah lama saya idam-idamkan. Saya merekam dialog film, suara Jimmy Lenon Jr. dan Michael Buffer yang terkenal dengan  tag line “let’s get ready to rumble………” saat bertugas sebagai ring announcer, pembukaan film The A Team dan lain-lain. Lalu saya dengarkan secara berulang ulang. Saya penasaran mereka itu ngomong apa sih…..?  Hasilnya sebagian bisa saya pahami sebagian tidak….!?
Untuk mengatasi hal ini saya merindukan film yang ada subtitle dalam bahasa Inggris sehingga apa yang mereka ucapkan, selain didengar juga bisa dibaca. Tetapi dijaman itu tidak ada. Film pun masih berupa pita kaset Video VHS atau Betamax. Dan barang-barang seperti itu masih merupakan barang mahal.
Jaman mulai maju, munculah film dengan format DVD yang dilengkapi subtitle berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris. Wow ini dia….. yang saya rindukan selama ini, akhirnya muncul juga.
Dari DVD ini saya biasakan telinga saya memahami percakapan bahasa Inggris.  Biarpun nontonnya masih numpang di kantor. Tahap berikutnya muncul teknologi MP4. Dengan teknologi ini memungkinkan saya untuk nonton dimanapun dan kapanpun saya mau, sambil membiasakan telinga dengan bahasa Inggris. Lalu berkenalan youtube yang memungkinkan saya untuk mengunduh berbagai hal tentang bahasa Inggris. Muncul lagi teknologi smartphone  yang lebih canggih dari MP4. Ada sosial media yang membuat saya bisa berkenalan dan chatting dengan orang-orang di luar negeri. Ada mbah Google yang membantu saya mencari cerita lucu, kata mutiara, tips-tips ringan,  istilah-istilah aneh dan lain sebagainya. Ada kamus online dengan fitur  yang sangat lengkap.
Semua itu dapat diakses melalui smartphone Anda, dengan memanfaatkan fitur pemutar film yang ada di HP canggih ini Anda dapat belajar dan berlatih bahasa Inggris dengan konsep yang dibahas di bab VII kapanpun dan dimanapun bahkan sambil buang air besar sekalipun Anda masih bisa berlatih bahasa Inggris.

Sesibuk apapun Anda, selama masih buang air besar maka Anda masih punya kesempatan untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris.   
Dengan fasilitas yang sangat melimpah sekarang ini, masih juga gak bisa bahasa Inggris?
Kata Bang Haji Rhoma Irama, Terlalu…!!!!

Dikutip dari buku Cara Belajar Bahasa Inggris
Dapatkan Buku dan DVD Cara Belajar Bahasa Inggris di 081316312042, gratis trainingnya 

No comments