BELAJAR BAHASA INGGRIS
SEMUDAH BELAJAR BAHASA INDONESIA I Hubungi: 081316312042

Breaking News

Mengapa Anda Harus Menguasai Bahasa Asing

Anang Sam, English Technology
Para ilmuwan menemukan bahwa menguasai dua  bahasa akan meningkatkan ukuran bagian otak yang bertanggung jawab untuk proses daya ingat jangka pendek dan rentang perhatian. Orang yang menguasai lebih dari satu bahasa  memiliki kemampuan lebih baik dalam tugas yang membutuhkan perhatian, penundaan dan memori jangka pendek,  dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai satu bahasa. Kursus Bahasa Inggris Jakarta




Dalam penelitian yang dilakukan tim dari Georgetown University Medical Centre ditemukan, orang dewasa yang menguasai beberapa bahasa (poliglot)  ataupun yang menguasai dua bahasa (bilinguals) memiliki area otak abu-abu (grey matter) yang lebih banyak. Hal ini menunjukkan manfaat jangka panjang dari menguasai lebih dari satu bahasa akan mengubah otak. Menguasai bahasa asing kini sudah menjadi keharusan jika kita ingin bersaing di dunia usaha, dunia kerja dan dunia pendidikan. Mahir berbahasa asing juga sangat membantu hobi berwisata ke mancanegara. Namun selain alasan-alasan tersebut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbicara lebih dari satu bahasa sebenarnya menyehatkan dan banyak manfaatnya, terutama untuk bagian otak. Berikut manfaat menguasai lebih dari satu bahasa.

1.Handal Dalam Multi-tasking
Multi-tasking adalah kemampuan untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Dalam istilah  psikologi hal ini biasa disebut sebagai cognitive control. Merupakan konstruksi sel otak yang merujuk pada kemampuan memproses informasi, untuk kemudian berperilaku secara fleksibel dari momen ke momen, sambil bertumpu pada tujuan-tujuan baru (current goals). Hal-hal yang diproses di sini antara lain, konteks, fokus perhatian, kemampuan strategi, dan lain-lain. kursus bahasa inggris jakarta selatan
Menurut penelitan, ternyata orang yang menguasai lebih dari satu bahasa (poliglot) lebih jago dalam hal multi tasking. Mereka mampu mengerjakan lebih dari satu tugas secara bersamaan dan dengan cepat mampu beralih ke 
tugas baru. Hal ini juga disebabkan karena mereka juga memiliki kelenturan kognitif yang lebih baik sehingga mereka lebih mampu beradaptasi di lingkungan baru atau kejadian yang tak terduga. 

2.Pikiran Lebih Terbuka dan Kreatif
Bahasa bukan hanya instrumen berkomunikasi saja, melainkan juga pembentuk realitas karena bahasa merupakan produk dari sebuah peradaban. Sehingga beda bahasa, beda cara melihat dunia.  Orang yang menguasai lebih dari satu bahasa lebih mampu memahami perbedaan sudut pandang,lebih memahami perbedaan budaya, memiliki kemampuan sosial dan kreativitas yang lebih baik. Mereka merupakan manajer yang handal. Kursus Bahasa Inggris jakarta Timur
3.Meningkatkan Kemampuan Pendengaran dan Konsentrasi .
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki pemahaman pendengaran yang lebih baik. Dalam situasi ramai, gaduh atau berisik mereka mampu berfokus pada suara yang dia inginkan. Mereka lebih cepat memahami pesan (tidak telat mikir).  

Dengan menguasai lebih dari satu bahasa salah maka satu bagian otak  yang bernama korteks lebih berkembang sehingga kemampuannya dalam memproses suara lebih baik daripada  mereka yang hanya menguasai satu bahasa. Judy Willis MD, seorang ahli syaraf mengatakan, ”Dibandingkan dengan mereka yang menguasai satu bahasa, orang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki kemampuan lebih dalam memusatkan perhatian pada satu hal dan tahan terhadap gangguan.”

4. Otak Lebih Tajam
Otak lebih tajam karena sel-sel syaraf berkembang lebih baik. Manfaat ini juga dirasakan oleh mereka yang belajar bahasa asing pada usia dewasa. Mereka yang menguasai dua atau lebih bahasa asing memiliki kemampuan 
membaca yang lebih baik serta  kecerdasan yang lebih baik pula daripada mereka yang hanya menguasai satu bahasa. Kursus Bahasa Inggris jakarta timur
5. Menunda Kepikunan

Menunda penyakit Alzheimer, Walau tidak membuat kita kebal terhadap penyakit Alzheimer. Segala hal yang kita pelajari bisa terlihat dari jumlah sel neuron di otak. Saat mempelajari hal baru, jalinan neuron-neuron bertambah banyak dan semakin kuat. Proses ini disebut neurogenesis. Proses ini juga berlaku saat kita mempelajari bahasa asing. Menurut penelitian (Martensson et al., 2012), menguasai bahasa asing menambah ketebalan cerebral cortex dan volume hippocampus – bagian otak yang berperan penting untuk penyimpanan memori dan baik untuk perkembangan sel neuron. Selain itu,  menurut penelitian (Craik et al., 2010), orang yang menguasai lebih dari satu bahasa juga tidak akan mudah pikun.

6. Memiliki Kemampuan Yang Lebih Baik Dalam Memecahkan Masalah Dan Mengambil Keputusan .

Anak-anak  yang menguasai dua bahasa atau lebih juga memiliki hasil tes memecahkan masalah yang lebih baik. Ini menurut hasil studi yang melibatkan 121 anak, yang mana mereka diminta mengerjakan pengulangan angka, soal matematika, serta membuat pola balok berwarna.

Mereka juga pengambil keputusan yang baik. Orang yang berpikir dalam bahasa lain ternyata cenderung membuat keputusan yang rasional. Orang yang melakukan proses berpikir dalam bahasa lain juga tidak terlalu menggunakan emosi saat membuat keputusan.

9. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ibu (mother tongue)
Mempelajari bahasa asing bisa meningkatkan kemampuan bahasa ibu (mother tongue) atau bahasa asli Anda. Karena saat menggunakan bahasa asing, otak melakukan berbagai proses penterjemahan tanpa disadari. 
Secara otomatis otak akan berpikir: “Kalau ini di-Indonesia-in bagaimana ya? Kalau ini di-Inggris-in bagaimana ya? Hasilnya, Anda akan mengeksplorasi bahasa ibu dengan lebih jauh. Geoffrey Willans seorang ahli bahasa mengatakan:
“You can never understand one language until you understand at least two.
Dapatkan Trainingnya secara Gratiss 
dengan membeli Buku dan DVD Cara Belajar Bahasa Inggris 

Hubungi: 081316312042

kursus bahasa inggris jakarta
belajar bahasa inggris
bahasa inggris
kursus bahasa inggris
cara belajar bahasa inggris
cara cepat belajar bahasa inggris
belajar bahasa inggris online
pelajaran bahasa inggris
kursus bahasa inggris online
belajar bahasa inggris cepat
cara mudah belajar bahasa inggris
percakapan bahasa inggris

No comments